Top Social

Travel, Music, Culinary

Itinerary 2 Hari Keliling Pandeglang, Banten

Sunday, November 22, 2015
Masjid Agung Pandeglang, Banten
ALRUNAWAY.BLOGSPOT.CO.ID - Itinerary 2 Hari Keliling Pandeglang, Banten adalah salah satu solusi berwisata terdekat dari kota Metropolitan Jakarta. Pandeglang merupakan sebuah kota yang masuk dalam administrasi pemerintahan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Banyak spot-spot wisata menarik di dalam wilayah Kabupaten ini yang dapat anda kunjungi. Mulai dari Wisata Pantai, Air Terjun, Pegunungan dan Sejarah.

Spot wisata menarik di Pandeglang diantaranya adalah Pantai Carita, Tanjung Lesung, Gunung Krakatau, Taman Nasional Ujung Kulon, Curug Gendang, Batu Qur'an, Gunung Pulosari, dll.

Kota Pandeglang sebagai pusat Pemerintahan Kabupaten Pandeglang, juga mempunyai julukan sebagai Kota Berkah atau banyak orang menyebutnya sebagai Kota Santri. Ya mungkin karena banyaknya boarding school yang terdapat di kota ini.

LOKASI - Trus, dimana sih lokasi Pandeglang? Nah, kalau kamu datang dari arah timur seperti Jakarta, dengan menggunakan transportasi mobil pribadi, gunakan tol Jakarta-Merak dan keluar gerbang tol Serang Timur dan ikuti petunjuk arah marka jalan ke kota Pandeglang.

Kalau memakai transportasi umum seperti bus, naik bus ASLI, MURNI, SADAR dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Jurusan 3 PO Bus ini adalah Kalideres - Labuan. Bila berangkat dari Terminal lain, naik bus apa saja jurusan ke Merak dan turun di Terminal Pakupatan, Serang. Kemudian naik lagi bus ASLI, MURNI, SADAR ke arah Pandeglang. atau naik ELF jurusan Malingping dan turun di Terminal Badak, Kadubanen, Pandeglang.

Bagaimana kalau datang pakai Motor? Tentu bisa, Rute dari arah Jakarta ke Tangerang - Balaraja - Serang - Pandeglang. Untuk perkiraan waktu tempuh naik motor contoh dari Bekasi ke kota Pandeglang adalah -/+ 3,5 - 4 jam.

Lalu apa saja yang dapat dilakukan apabila mengunjungi Pandeglang dalam 2 hari? Tenang, saya akan jelaskan secara optional di sini. Mari kita mulai.

ITINERARY 2 HARI KELILING PANDEGLANG
1. Gunung Krakatau | Pantai Carita | Curug Gendang
Hari 1 - 
(Pagi / Sore) Sampai di Pantai Carita, check-in di Hotel/Hostel/Guest House, selanjutnya makan siang. Kemudian aktifitas mencerna makanan sangat penting setelah makan seperti, berjalan. Mengunjungi Curug Cigendang adalah pilihan tepat aktifitas selanjutnya.

Suasana jalur trekking menuju Curug Gendang
(Siang-Sore) Curug Gendang - Lokasi curug berada di Desa Sukarame Kecamatan Carita. Dari Jalan Raya Carita berjarak 1-2 km menuju Curug Gendang atau berkendara -/+ 30 menit.

Kemudian kendaraan di tinggal di area parkir untuk selanjutnya pengunjung trekking menanjak dan menurun berliku -/+ 1 kilometer menyusuri hutan asri nan hijau.

Jika beruntung anda juga akan berpapasan dengan penghuni hutan yaitu kera liar sepanjang menyusuri jalan setapak menuju curug.

Sekilas tentang Curug Gendang, Arti Curug dalam bahasa Sunda berarti Air Terjun, sedangkan Gendang merupakan alat musik tradisional yang di pukul tangan seperti drum.

Nama asli Curug Gendang adalah Curug Citajur, karena suaranya mirip alat musik tradisional Gendang maka kemudian masyarakat sekitar menyebutnya Curug Gendang.

Setelah puas bermain air di curug, kembali ke hotel di sekitar Pantai Carita dimana anda menginap. Untuk mengusir rasa lelah capek kaki pegal-pegal, bersantailah di tepi pantai.

Hari 2 - Bangun pagi dan sarapan lebih awal dan check-out. Pagi hari ini full aktifitas di kawasan gunung merapi aktif Krakatau.

(Pagi-Sore) Sekitar jam 8  pagi menuju dermaga Carita untuk berangkat naik speed boat ke Gunung Krakatau. Lokasi Dermaga Carita berada di Jalan Raya Carita.

Sesampai di dermaga Carita, negosiasi untuk menyewa speed boat seharian bersama local guide nya. Tarif speed boat nya bervariatif, kapasitas maksimal tempat duduk penumpang per speed boat adalah 7 orang. Biasanya ada harga paket tour sehari ke Krakatau plus dengan makan siang.

Aktivitas yang dapat dilakukan selama di Krakatau adalah hiking menaiki gunung, berenang atau snorkeling.

(Sore) Aktivitas selesai hingga menjelang Maghrib, dan anda dapat kembali pulang ke rumah.

loading...

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Hari 1 - Bila anda berkunjung ke Ujung Kulon di akhir pekan, keberangkatan Saya sarankan pada hari Jum'at malam maksimal jam 22.00 WIB dan pulang hari Minggu siang/sore. Cara terbaik berwisata ke Ujung Kulon adalah dengan menggunakan sarana operator tur wisata. Dengan berangkat dengan grup minimal 15 orang, maka pengeluaran bisa lebih murah.

Cari saja operator tur wisata ke Ujung Kulon di Google, banyak kok. Kalau biaya tidak masalah, maka usahakan datang ke Sumur pagi hari jam 6.

Sesampai di Sumur, carilah guide masyarakat lokal dengan bertanya dan negosiasi harga, dan lain-lain.

(Malam) Sekitar jam 10 malam berangkat dari Jakarta dan sampai di Sumur, Pandeglang waktu subuh atau pagi hari.

Hari 2 - Aktivitas bisa di isi dengan berkunjung ke pulau Peucang, trekking ke Karang Pocong, mengembala Banteng liar di Cidaon.

Hari 3 - Mengunjungi Pulau Handeuleum, Snorkeling, dan kayaking di Muara Cigenter.

(Siang/Sore) Kembali ke Dermaga Sumur dan pulang ke rumah.

3. Kota Pandeglang | Tanjung Lesung

Hari 1 - City Tour Kota Pandeglang ; mengunjungi Masjid Agung, Alun-alun kota Pandeglang, berfoto narsis di Tugu Kota Pandeglang, patung Badak bercula satu, dan Reservoir Zaman Baheula di dekat Masjid Agung. Selanjutnya makan siang di rumah makan saung Abah di Kadu Banen untuk merasakan makanan khas Sunda dengan menu andalan Sate Kerbau.

Sudah kenyang lanjutkan perjalanan ke Tanjung Lesung, untuk bersantai di tepi pantai.

(Siang) - Datang di Kota Pandeglang, langsung ke Masjid Agung untuk Sholat Zhuhur bagi umat muslim atau berfoto-foto di teras Masjid. Lokasinya berada di sisi barat alun-alun Pandeglang. Setelah itu, lanjut jalan kaki beberapa meter ke arah kanan untuk melihat bangunan Water Turn / Menara Air buatan Zaman Belanda.
Water Turn / Menara Air kota Pandeglang
Kemudian kembali berjalan ke depan ke arah Masjid Agung hingga menemukan perempatan. Di sebelah kiri anda ada penjara dan sisi kanan ada kodim.

Beloklah ke kanan sampai bertemu perempatan lagi dan di situ ada Objek tugu Kota Pandeglang untuk bernarsis ria.

Dari perempatan tugu, di sisi kanan anda adalah Alun-alun Kota Pandeglang, sedangkan sisi kirinya yaitu Pendopo Bupati Pandeglang.

Santai sejenak di Alun-alun, berjalan setengah mengitari dan akan menemukan patung Badak yang berada di sisi paling kanan dari alun-alun ini. Ditandai Gedung Pancasila di seberang jalannya.

Dan lagi anda bisa mengabadikan gambar bersama patung Badak, Setelah puas, saatnya mengisi perut. Makan siang bisa mengunjungi kafe di seberang patung Badak tersebut, atau Saya merekomendasikan Rumah Makan Abah di daerah Kadu Banen.

Untuk menuju Kadu Banen, dari tugu kota Pandeglang lurus terus sekitar 2 km. Jalanan menurun akan melewati Hotel Paranti, Pandeglang di sisi kiri anda, terus ikuti jalan hingga sampai di perempatan Kadu Banen.

Dari perempatan Kadu Banen belok ke kanan, Rumah Makan Abah hanya beberapa meter berlokasi di sisi kanan anda. Menu makanan Sunda, jangan lupa mencoba menu andalannya yaitu Sate Kerbau. Rasanya empuk, manis dan gurih. Hati-hati ketagihan. hehe..

Perut Sudah kenyang, saatnya melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Lesung. Waktu tempuh -/+ 1,5 - 2 Jam tanpa macet.

Jalan raya di depan rumah makan si Abah namanya adalah Jalan AMD, ikuti jalan AMD ini hingga bertemu pertigaan dengan SPBU disebelah kanan. Belok kiri dan teruskan perjalanan anda hingga sampai di Terminal Baru Labuan.

Pintu Masuk Kawasan Tanjung Lesung
Terminal Labuan ini berada di sisi kiri anda, beberapa meter kedepan bertemu pertigaan belok kiri. Dari pertigaan ini -/+ 40 menit sampai ke Tanjung Lesung.

(Sore) - Sampai di Tanjung Lesung langsung check-in di resort. Di sini juga tersedia lokasi Camping Ground.

Fasilitas sudah tersedia tenda siap pakai yang dapat menampung 2 dewasa, 2 anak-anak + kasur, kipas angin, dan tempat jemuran kecil untuk handuk dan baju.

Wow! asik yah fasilitas tendanya lengkap.

(Malam) - Menikmati suasana pantai dan beristirahat.

Hari 2 - Menghabiskan waktu di Pantai Tanjung Lesung dan kembali pulang di sore hari.

(Pagi) - Bangun pagi, sarapan, bermain-main di pantai. Alternatif aktifitas lain bisa bermain banana boat dan speed boad.

(Siang) - Check-out dan makan siang bisa mampir di rumah makan sepanjang jalan menuju Jakarta.

Masih ada pilihan artikel Itinerary 2 Hari Keliling Pandeglang, Banten lainnya, dilanjut lg nanti, pantengin terus ya.

Bersambung...




Post Comment
Post a Comment